makalah tentang biaya relavan dalam pengambilan keputusan
berikut contoh makalah yang memaparkan tentang bagaimana konsep berbagai biaya dalam pengambilan keputusan.....!!!!
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Konsep Biaya Relevan dalam Pengambilan
Keputusan
Semua bentuk pengambilan keputusan oleh manajemen
harus mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan,
salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah faktor biaya
yang disebut dengan biaya relevan. Menurut Mulyadi (2001) biaya relevan adalah
biaya masa yang akan datang yang diperkirakan akan berbeda atau terpengaruh
oleh suatu pengambilan keputusan pemilihan diantara berbagai macam alternatif.
Oleh karena itu, biaya tersebut adalah relevan dengan analisis yang dilakukan
dalam pengambilan keputusan tersebut.
Biaya relevan menurut Supriyono (2001) meliputi
semua biaya yang akan terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan, karena itu
biaya tersebut harus dipertimbangkan di dalam pengambilan keputusan tertentu
tersebut. Selain itu, biaya relevan menurut Hansen dan Mowen (2009) merupakan biaya
masa depan yang berbeda pada setiap alternatif. Semua keputusan berhubungan
dengan masa depan sehingga hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan
dengan keputusan. Namun, untuk menjadi relevan, suatu biaya tidak hanya harus
merupakan biaya masa depan, tetapi juga harus berbeda dari satu alternatif
dengan alternatif lainnya.
Apabila biaya masa depan terdapat pada lebih dari
satu alternatif maka biaya tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan.
Biaya demikian disebut biaya tidak relevan. Kemampuan untuk mengidentifikasi
biaya relevan dan tak relevan merupakan suatu keterampilan pengambilan keputusan
yang penting. Biaya relevan untuk pengambilan keputusan didasarkan kepada
konsep “different analysis for
different purposes”, yang berarti bahwa untuk tujuan yang berbeda
diperlukan analisa yang berbeda pula. Oleh karena itu, terdapat beberapa konsep
biaya relevan untuk berbagai pengambilan keputusan, yaitu:
a. Biaya
Diferensial (Differntial Cost)
merupakan
biaya yang berbeda pada berbagai alternatif pengambilan keputusan yang mungkin
untuk dipilih. Dalam pengambilan keputusan, biaya diferensial dibandingkan
dengan penghasilan diferensial untuk menentukan besarnya laba diferensial.
b. Biaya
Treceabel (Treceable Cost)
Merupakan
biaya yang dapat diakui jejaknya pada produk, pesanan, pusat biaya, departemen,
atau divisi tertentu di dalam suatu perusahaan.
c. Biaya
Kesempatan (Opportunity Cost)
Merupakan
biaya penghasilan atau penghematan biaya yang dikorbankan karena dipilihnya
satu alternatif tertentu, sehingga penghasilan atau penghematan biaya tersebut
perlu diperhitungkan sebagai biaya pada alternatif tertentu.
d. Biaya
Incremental (Incremental Cost)
Merupakan
biaya-biaya yang ditambahkan atau
biaya-biaya yang tidak akan dikorbankan apabila suatu alternatif (proyek)
tertentu tidak dipilih untuk dilaksanakan.
Jadi, biaya relavan adalah biaya yang terjadi di
masa mendatang dalam berbagai alternatif untuk pengambilan keputusan manajemen.
Biaya relavan biasa disebut sebagai biaya diferensial yang merupakan biaya yang
memiliki alternatif yang berbeda-beda. Kriteria dari biaya relavan ini yaitu
biaya mana yang akan datang berbeda-beda diantara alternatif. Biaya relavan
merupakan biaya masa yang akan datang karena digunakan untuk menyusun anggaran,
perencanaan laba, dan pengendalian kegiatan yang belandaskan program jangka
pendek dan jangka panjang.
Manajemen selalu megambil keputusan yang meliputi
berbagai macam hal, seperti keputusan dalam kegiatan rutin atau keputusan yang
diambil dalam masalah-masalah khusus. pengambilan keputusan kegiatan rutin pada
umumnya terjadi dan berkaitan dalam melaksanakan kegiatan produksi yang
dilakukan oleh perusahaan secara rutin dan teratur. Pengambilan keputusan
khusus merupakan keputusan yang bersifat tidak teratur atau tidak rutin
dilakukan oleh perusahaan. Pengambilan keputusan khusus dalam perusahaan
mempunyai banyak jenis diantaranya:
a. Keputusan
membuat sendiri atau membeli dari tempat lain
Perusahaan dihadapkan pada pilihan dalam
rangka pengadaan komponen barang untuk memproduksi barang. Perusahaan akan
membuat sendiri atau membeli komponen tersebut ditempat lain.akuntansi
manajemen membuat hitungan dari sisi keuangan mana ari kedua alternatif
tersebut yangpaling menguntungkan dari segi keuangan.
Ada
dua tipe keputusan membuatsendiri atau membeli dari tempat lain yaitu:
·
Kondisi awal membuat sendiri
·
Kondisi awal biasa membeli
b. Keputusan
mempertahankan atau menghentikan usaha
c. Menyewakan
atau menjual fasilitas perusahaan
d. Menerima
atau menolak pesanan khusus
e. Menjual
atau mengolah lebih lanjut
2.2
Langkah-langkah Analisis Biaya Relevan
Proses pengambilan keputusan memerlukan data yang
dapat diukur, dianalisa dengan tepat dan memungkinkan untuk dilaksanakan. Dalam
pengambilan keputusan tidak ada aturan umum yang membedakan biaya ke dalam
biaya relevanatau tidak relevan, maka dari itu untuk mengetahui mana yang merupakan
biaya relevan diperlukan analisis biaya yang meliputi langkah-langkah sebagai
berikut:
a. Menghimpun seluruh
biaya yangg berkaitan dengan masing-masing alternatif yang dipertimbangkan.
b. Mengeliminasi sunk cost.
c. Mengeliminasi biaya yang tidak berbeda diantara
alternatif yang dipertimbangkan
d. Mengambil kesimpulan
berdasarkan data biaya lain yang tersisa, yang merupakan biaya yang berbeda.
Biaya tersebut merupakan biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan.
2.3
Keputusan Menghentikan atau Mempertahankan Segmen
Lingkungan eksternal mungkin mengakibatkan munculnya
masalah-masalah yang dihadapi perusahaan. Masalah-masalh itu meliputi:
a. Menurunnya volume penjualan
b. Menurunnya penjualan suatu produk sebagai bagian
presentase dari total
penjualan
c. Menurunnya pangsa pasar
d. Kenaikkan berbagai
biaya tanpa diimbangi oleh kenaikan penjualan.
Apabila suatu perusahaan mengalami masalah
seperti di atas mungkin manajemen perusahaan memutuskan untuk melanjutkan atau
menghentikan suatu segmen yang mempunyai keuntungan negatif. Pengambilan
keputusan didasarkan pada segmented
reporting yang disusun berdasarkan variable costing.
Suatu segmen dianggap tidak menguntungkan lagi apabila memberikan keuntungan
segmen margin yang negatif. Jika manajemen perusahaan memutuskan untuk menutup
suatu segmen, maka yang harus dipertimbangkan adalah laba diferensial yaitu
selisih antara pendapatan dan biaya diferensial. Laba diferensial disini adalah
pendapatan dan biaya yang berbeda apabila perusahaan menutup salah satu segmen dengan
tetap melanjutkan suatu segmen meskipun memberikan keuntungan yang negatif.
Faktor
lain yang harus dipertimbangkan adalah biaya yang dapat dihindari apabila salah
satu segmen ditutup atau diberhentikan. Biaya yang dapat dihindari adalah biaya
yang tidak akan terjadi apabila salah satu keputusan diambil. Misalnya biaya
gaji manajer, biaya advertensi untuk suatu segmen, biaya asuransi untuk suatu
segmen. Biaya-biaya tersebut relevan untuk dipertimbangkan. Biaya yang tidak
dapat dihindari tidak relevan untuk pengambilan keputusan, karena biaya
tersebut tetap terjadi meskipun suatu segmen ditiadakan. Misalnya biaya depresiasi,
bunga, pajak bumi dan bangunan.
bab satu nya tidak ada
BalasHapus