makalah tentang biaya relavan dalam pengambilan keputusan



berikut contoh makalah yang memaparkan tentang bagaimana konsep berbagai biaya dalam pengambilan keputusan.....!!!!
 
BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Konsep Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan
Semua bentuk pengambilan keputusan oleh manajemen harus mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan, salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah faktor biaya yang disebut dengan biaya relevan. Menurut Mulyadi (2001) biaya relevan adalah biaya masa yang akan datang yang diperkirakan akan berbeda atau terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan pemilihan diantara berbagai macam alternatif. Oleh karena itu, biaya tersebut adalah relevan dengan analisis yang dilakukan dalam pengambilan keputusan tersebut.
Biaya relevan menurut Supriyono (2001) meliputi semua biaya yang akan terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan, karena itu biaya tersebut harus dipertimbangkan di dalam pengambilan keputusan tertentu tersebut. Selain itu, biaya relevan menurut Hansen dan Mowen (2009) merupakan biaya masa depan yang berbeda pada setiap alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa depan sehingga hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan. Namun, untuk menjadi relevan, suatu biaya tidak hanya harus merupakan biaya masa depan, tetapi juga harus berbeda dari satu alternatif dengan alternatif lainnya.
Apabila biaya masa depan terdapat pada lebih dari satu alternatif maka biaya tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan. Biaya demikian disebut biaya tidak relevan. Kemampuan untuk mengidentifikasi biaya relevan dan tak relevan merupakan suatu keterampilan pengambilan keputusan yang penting. Biaya relevan untuk pengambilan keputusan didasarkan kepada konsep “different analysis for different purposes”, yang berarti bahwa untuk tujuan yang berbeda diperlukan analisa yang berbeda pula. Oleh karena itu, terdapat beberapa konsep biaya relevan untuk berbagai pengambilan keputusan, yaitu:
a.       Biaya Diferensial (Differntial Cost)
merupakan biaya yang berbeda pada berbagai alternatif pengambilan keputusan yang mungkin untuk dipilih. Dalam pengambilan keputusan, biaya diferensial dibandingkan dengan penghasilan diferensial untuk menentukan besarnya laba diferensial.
b.      Biaya Treceabel (Treceable Cost)
Merupakan biaya yang dapat diakui jejaknya pada produk, pesanan, pusat biaya, departemen, atau divisi tertentu di dalam suatu perusahaan.

c.       Biaya Kesempatan (Opportunity Cost)
Merupakan biaya penghasilan atau penghematan biaya yang dikorbankan karena dipilihnya satu alternatif tertentu, sehingga penghasilan atau penghematan biaya tersebut perlu diperhitungkan sebagai biaya pada alternatif tertentu.
d.      Biaya Incremental (Incremental Cost)
Merupakan  biaya-biaya yang ditambahkan atau biaya-biaya yang tidak akan dikorbankan apabila suatu alternatif (proyek) tertentu tidak dipilih untuk dilaksanakan.
Jadi, biaya relavan adalah biaya yang terjadi di masa mendatang dalam berbagai alternatif untuk pengambilan keputusan manajemen. Biaya relavan biasa disebut sebagai biaya diferensial yang merupakan biaya yang memiliki alternatif yang berbeda-beda. Kriteria dari biaya relavan ini yaitu biaya mana yang akan datang berbeda-beda diantara alternatif. Biaya relavan merupakan biaya masa yang akan datang karena digunakan untuk menyusun anggaran, perencanaan laba, dan pengendalian kegiatan yang belandaskan program jangka pendek dan jangka panjang.
Manajemen selalu megambil keputusan yang meliputi berbagai macam hal, seperti keputusan dalam kegiatan rutin atau keputusan yang diambil dalam masalah-masalah khusus. pengambilan keputusan kegiatan rutin pada umumnya terjadi dan berkaitan dalam melaksanakan kegiatan produksi yang dilakukan oleh perusahaan secara rutin dan teratur. Pengambilan keputusan khusus merupakan keputusan yang bersifat tidak teratur atau tidak rutin dilakukan oleh perusahaan. Pengambilan keputusan khusus dalam perusahaan mempunyai banyak jenis diantaranya:
a.       Keputusan membuat sendiri atau membeli dari tempat lain
Perusahaan dihadapkan pada pilihan dalam rangka pengadaan komponen barang untuk memproduksi barang. Perusahaan akan membuat sendiri atau membeli komponen tersebut ditempat lain.akuntansi manajemen membuat hitungan dari sisi keuangan mana ari kedua alternatif tersebut yangpaling menguntungkan dari segi keuangan.
Ada dua tipe keputusan membuatsendiri atau membeli dari tempat lain yaitu:
·         Kondisi awal membuat sendiri
·         Kondisi awal biasa membeli
b.      Keputusan mempertahankan atau menghentikan usaha

c.       Menyewakan atau menjual fasilitas perusahaan
d.      Menerima atau menolak pesanan khusus
e.       Menjual atau mengolah lebih lanjut

2.2  Langkah-langkah Analisis Biaya Relevan
Proses pengambilan keputusan memerlukan data yang dapat diukur, dianalisa dengan tepat dan memungkinkan untuk dilaksanakan. Dalam pengambilan keputusan tidak ada aturan umum yang membedakan biaya ke dalam biaya relevanatau tidak relevan, maka dari itu untuk mengetahui mana yang merupakan biaya relevan diperlukan analisis biaya yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
a. Menghimpun seluruh biaya yangg berkaitan dengan masing-masing alternatif yang dipertimbangkan.
b. Mengeliminasi sunk cost.
c. Mengeliminasi biaya yang tidak berbeda diantara alternatif yang dipertimbangkan
d. Mengambil kesimpulan berdasarkan data biaya lain yang tersisa, yang merupakan biaya yang berbeda. Biaya tersebut merupakan biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan.
2.3 Keputusan Menghentikan atau Mempertahankan Segmen
Lingkungan eksternal mungkin mengakibatkan munculnya masalah-masalah yang dihadapi perusahaan. Masalah-masalh itu meliputi:
a. Menurunnya volume penjualan
b. Menurunnya penjualan suatu produk sebagai bagian presentase dari total
penjualan
c. Menurunnya pangsa pasar
d. Kenaikkan berbagai biaya tanpa diimbangi oleh kenaikan penjualan.
 Apabila suatu perusahaan mengalami masalah seperti di atas mungkin manajemen perusahaan memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan suatu segmen yang mempunyai keuntungan negatif. Pengambilan keputusan didasarkan pada segmented reporting yang disusun berdasarkan variable costing. Suatu segmen dianggap tidak menguntungkan lagi apabila memberikan keuntungan segmen margin yang negatif. Jika manajemen perusahaan memutuskan untuk menutup suatu segmen, maka yang harus dipertimbangkan adalah laba diferensial yaitu selisih antara pendapatan dan biaya diferensial. Laba diferensial disini adalah pendapatan dan biaya yang berbeda apabila perusahaan menutup salah satu segmen dengan tetap melanjutkan suatu segmen meskipun memberikan keuntungan yang negatif.
Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah biaya yang dapat dihindari apabila salah satu segmen ditutup atau diberhentikan. Biaya yang dapat dihindari adalah biaya yang tidak akan terjadi apabila salah satu keputusan diambil. Misalnya biaya gaji manajer, biaya advertensi untuk suatu segmen, biaya asuransi untuk suatu segmen. Biaya-biaya tersebut relevan untuk dipertimbangkan. Biaya yang tidak dapat dihindari tidak relevan untuk pengambilan keputusan, karena biaya tersebut tetap terjadi meskipun suatu segmen ditiadakan. Misalnya biaya depresiasi, bunga, pajak bumi dan bangunan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh makalah tentang dinamika konflik dalam organisasi lengkap